HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK MOBIL HONDA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

SAPUTRA, ALAM RAHARDI (2011) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK MOBIL HONDA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf

Download (850kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Halaman_BAB_I.pdf

Download (300kB)
[img] PDF (Bab II)
Halaman_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] PDF (Bab III)
Halaman_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab IV)
Halaman_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab V)
Halaman_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Halaman_Daftar_Pustaka.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keputusan pembelian pada konsumen untuk membeli sebuah produk dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang turut mempengaruhi adalah citra merek, apabila sebuah citra merek dapat diterima secara positif oleh konsumen, maka akan timbul penilaian dan keyakinan yang positif pada diri konsumen, bahwa produk yang akan dibeli tersebut dapat memenuhi harapan yang diinginkan sehingga konsumen mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut. Metode pengambilan data penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan subyek dilakukan dengan teknik quota sampling pada pengunjung bursa mobil minggu di Stadion Sriwedari Solo sebanyak 50 subyek yang berusia lebih dari 17 tahun atau sudah dewasa dan berencana untuk membeli mobil dan cara pengambilan subyeknya dilakukan secara non-random dengan memperhatikan karakteristik pada subyek. Selanjutnya data dalam penelitian ini dianalisis dengan korelasi product moment. Alat ukur yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian ada 2 macam yaitu (1) skala keputusan pembelian, (2) skala citra merek. Hipotesis dari penelitian ini berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hipotesis terbukti yakni ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra merek mobil terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi (r)=0,694 dengan p=0,000 (p≤0,01). Variabel keputusan pembelian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 91,480 dan rerata hipotetik sebesar 92,5, sedangkan variabel citra merek mobil Honda pada pengunjung bursa mobil minggu taman Sriwedari Solo tergolong tinggi yang ditunjukan oleh rerata empirik sebesar 136,920 dan rerata hipotetik sebesar 115. Citra merek mobil pada pengunjung bursa mobil minggu taman Sriwedari Solo memberikan sumbangan efektif sebesar 48,1 % yang ditunjukan dengan koefisien determinan r²=0,481 terhadap variabel keputusan pembelian, yang berarti masih terdapat faktor-faktor lain sebesar 51,9 % seperti faktor pengaruh lingkungan (budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga, dan situasi), perbedaan individu (sumber daya konsumen, motivasi, keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi), proses psikologis (pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap, dan perilaku) yang mempengaruhi keputusan pembelian di luar variabel citra merek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif antara citra merek mobil Honda terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Keputusan Pembelian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 May 2011 04:52
Last Modified: 14 May 2011 04:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12338

Actions (login required)

View Item View Item