IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011

MURTANTI , MURTANTI (2010) IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan kartu gambar Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik trianggulasi data.Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Kemampuan membaca anak TK Arafat Semanggi yang diajarkan membaca dengan permainan kartu gambar mengalami peningkatan kemampuan. Meningkatnya kemampuan membaca dapat dilihat dari hasil penilaian setiap siklus yang selalu mengalami peningkatan. 2) Permainan kartu gambar yang telah diimplementasikan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak yakni kemampuan menghubungkan tulisan dengan gambar mengalami peningkatan dari pra Siklus 45% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 55% dan siklus II meningkat menjadi 70% yang dapat disimpulkan kemampuan menghubungkan tulisan meningkat sebesar 25%. Sedangkan kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar mengalami peningkatan dari pra Siklus yaitu sebesar 55% meningkat pada Siklus II menjadi 60% dan siklus II meningkat menjadi 85%, dengan demikian kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar mengalami peningkatan sebesar 15%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan, kemampuan membaca, anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:40
Last Modified: 28 Apr 2011 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item