PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI DI TK ABA KARANGANOM, KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN KARANGANYAR

PRATIWI , HAJAR (2011) PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI DI TK ABA KARANGANOM, KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui sekenario pengem-bangan kecerdasan kinestetik melalui permainan lompat tali kelompok B di TK ABA Karanganom, Kabupaten Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, 2) menge- tahui hambatan yang dihadapi guru ketika melaksanakan permainan lompat tali. Metodologi penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses pembelajaran baik dalam pengumpulan data, reduksi data, sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu:1) Skenario pengembangan kecerdasan kinestetik melalui permainan lompat tali adalah pertama guru menerangkan dan mempraktekkan langsung cara permainannya dan gerakan-gerakan dalam permainan lompat tali, pertama-tama jalan perlahan-lahan untuk persiapan melompat, lari kemudian melompat dari ketinggian dari lutut kemudian di naikkan talinya sampai kepusar kemudian anak melompatinya, seperti cara sebelumnya dari lutut sampai kepala anak melewati tali dengan cara melompat, bagi anak yang kurang mengerti cara atau aturan permainan guru memberi semangat dan membantu anak saat melakukan gerakan-gerakan dalam permainan. Kecerdasan kinestetik dapat ditemui di permainan lompat tali seperti gerakan berjalan, melompat, berlari dan meloncat. 2) Hambatan yang dihadapi guru ketika melaksanakan permainan lompat tali adalah anak mengalami masalah ketika berangkat sekolah, terbatasnya waktu dalam pelaksanaan permainan, permainan tradisional jarang diterapkan di sekolah sehingga anak tidak mengetahui cara permainan lompat tali, guru kesulitan mengorganisasikan anak saat permainan lompat lali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-007
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan kinestetik, permainan, lompat tali.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:01
Last Modified: 04 May 2011 05:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11940

Actions (login required)

View Item View Item