MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

LESTARI, TATIK PUJI (2011) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB__I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam penguasaan materi pembelajaran matematika melalui metode guided note taking pada siswa kelas IV SDN Sidodadi 2 Masaran Sragen tahun ajaran 2010/2011. Kelas yang diadakan penelitian adalah kelas IV yang didasari oleh hasil observasi yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami pelajaran matematika, konsentrasi siswa dalam pelajaran tidak terfokus, kurang keaktifan siswa dalam pembelajaran,dan rendahnya hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data pemahaman konsep matematika diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika bagi siswa dan hasil belajar siswa. Pada aspek kognitif sebelum tindakan didapat rata-rata nilai siswa sebesar 47,83, rata-rata siklus I meningkat menjadi 53,125, rata-rata siklus II meningkat menjadi 66,25, dan siklus III meningkat menjadi 84,56. Sedangkan pada aspek afektif rata-rata siklus I sebesar 69,18%, rata-rata siklus II meningkat menjadi 76,81%, dan siklus III meningkat menjadi 83,69%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode guided note taking, pemahaman konsep matematika bagi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 04:54
Last Modified: 28 Apr 2011 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11920

Actions (login required)

View Item View Item