PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYYAH MUHAMMADIYAH CEKEL GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN 2009/2010

SETYAWATI, ELY (2011) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYYAH MUHAMMADIYAH CEKEL GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV MIM Cekel Kecamatan Gondangrejo tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MIM Cekel Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam dalam Bab IV dapat diketahui bahwa. 1. Nilai rata hasil belajar IPS siswa Kelas IV Semester II sebelum siklus sebesar 64; pada siklus I sebesar 69, pada siklus II sebesar 75 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari sebelum siklus ke siklus I ke siklus II; 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa sebelum siklus sebesar 50 % (11 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 22 siswa; pada siklus I menunjukkan angka sebesar 77,3 % ( 17 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 22 siswa), pada siklus II sebesar 100 % (22 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 22 siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar IPS setelah pembelajaran dengan media gambar pada siswa Kelas IV Semester II MIM Cekel Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2009 / 2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Hasil Belajar, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 08:25
Last Modified: 26 Apr 2011 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11864

Actions (login required)

View Item View Item