PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MEQIP SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 DAGEN KECAMATAN JATEN TAHUN 2010/2011

NURKASANI , NURKASANI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MEQIP SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 DAGEN KECAMATAN JATEN TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_-_ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Meqip Luas Daerah Segitiga Dengan Pendekatan Luas Daerah Persegi Panjang Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Dagen Kecamatan Jaten. (2) Untuk mengetahui pembelajaran matematika model MEQIP. (3) Agar peserta didik dapat menemukan konsep dari apa yang telah dipelajari. (4) Membantu Pendidik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran Matematika pola MEQIP (5) Memberi motivasi kepada peserta didik untuk lebih senang dengan pembelajaran Matematika. Subyek Penelitian : Guru dan Siswa kelas IV SD Negeri 02 Dagen Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 siswa sebanyak 24 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dirancang pelaksanaan 2 siklus. Tiap siklus memiliki beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata kelas mencapai 7,0 meskipun belum mencapai target yang diharapkan 7,5 namun sudah ada peningkatan hasil yang sebelumnya rata-rata kurang dari 6,5 sedangkan siklus II rata-rata hasil tes mencapai 7,6 di atas tolak ukur keberhasilan, dengan demikian ada peningkatan hasil belajar matematika. Saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya guru dalam pembelajaran matematika hendaknya selalu mempergunakan alat peraga sehingga dapat membangkitkan minat belajar siswa. Guru dalam pembelajaran luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah diharapkan selalu menggunakan alat peraga MEQIP agar bisa menarik siswa. Setiap siswa sebaiknya memiliki alat peraga MEQIP minimal setiap kelompok satu. Guru perlu menjelaskan kembali cara menggunakan alat peraga MEQIP luas daerah segitiga dengan pendekatan luas daerah persegi panjang agar yang belum jelas dapat mengetahui.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 08:14
Last Modified: 26 Apr 2011 08:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11862

Actions (login required)

View Item View Item