HIDAYATI, SITI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA POKOK BAHASAN MATRIKS (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas X Keperawatan Semester Genap SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (161kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan matriks dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif giving question and getting answers. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X Keperawatan SMK Muhammadiyah Delanggu yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis data dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) ada peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan matriks. Hal ini dapat dilihat dari indikator: a) keberanian untuk mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 23,53% dan setelah tindakan 76,47%, b) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 44,12% dan setelah tindakan 73,53%, c) mengemukakan ide sebelum tindakan 29,41% dan setelah tindakan 70,59%, d) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 26,48% dan setelah tindakan 73,53%. (2) ada peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator siswa yang mendapatkan nilai lebih besar sama dengan 70 sebelum tindakan 38,24% dan setelah tindakan 79,42%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif giving question and getting answers dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, hasil belajar, giving question and getiing answers |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2011 04:18 |
Last Modified: | 21 Apr 2011 04:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11773 |
Actions (login required)
View Item |