PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)

HARDANI , DITA PUTRI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (207kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Active Learning tipe Index Card Match, (2) Mendiskripsikan peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Active Learning tipe Index Card Match. Subyek pelaksana tindakan adalah guru dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Siswa yang aktif mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 16% setelah tindakan 80%, (2) Siswa yang aktif bertanya ketika kurang jelas terhadap materi pelajaran sebelum tindakan 12% setelah tindakan 76%, (3) Siswa yang mampu memanfaatkan sumber belajar seperti buku paket dan LKS sebelum tindakan 24% setelah tindakan 92%, (4) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 20% setelah tindakan 88%, dan (5) Siswa yang mampu mengidentifikasi ide sebelum tindakan 16% setelah tindakan 80%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Active Learning tipe Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran-matematika, aktivitas siswa, kreativitas-siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 05:27
Last Modified: 20 Apr 2011 05:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11702

Actions (login required)

View Item View Item