Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010)

Yulianto , Christian (2010) Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah; 1) motivasi belajar siswa meningkat meliputi aspek; a) siswa yang antusias dalam belajar sebelum tindakan 46,42% dan setelah tindakan mencapai 89,28 %, b) siswa yang mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan 57,14 % dan setelah tindakan mencapai 96,42 %, c) siswa yag memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebanyak 14,28 % dan setelah tindakan mencapai 57,14%, d) siswa yag menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebanyak 17,85 % dan setelah tindakan mencapai 60,71 %, e) siswa yang menanyakan materi sebelum tindakan 10,71 % dan setelah tindakan mencapai 53,57 % dan, 2) prestasi belajar siswa meningkat, sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (21,42 %) yang memiliki nilai > 65 dan setelah tindakan 24 siswa (85,71 %) siswa yang memiliki nilai > 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan prestai belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode_pembelajaran, motivasi_belajar, prestasi_belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 05:17
Last Modified: 20 Apr 2011 05:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11700

Actions (login required)

View Item View Item