STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SETYANINGSIH, TRI (2011) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode konvesional dengan metode peta konsep. Jenis penelitan ini adalah penelitian komperatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X SMA 2 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 Sebanyak 8 kelas yang berjumlah 328.Sampel yang di ambil 2 kelas sebanyak 82 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi metode konvesional dengan metode peta konsep pada siswa kelas X SMA N Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel (5,046>2,021) pada taraf signifiikansi 5% hasil belajar ekonomi pada pembelajaran menggunakan metode peta konsep (8,220) lebih tinggi dari pada hasil belajar Konvesional (7,024) atau terdapat selisih sebesar 1,196. Artinya pembelajaran peta konsep lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode konvesional, peta konsep, hasil belajar ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2011 04:11
Last Modified: 13 Apr 2011 04:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11447

Actions (login required)

View Item View Item