PERANAN PENGAWASAN SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMK BATIK SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

WULANDARI, RESTI (2011) PERANAN PENGAWASAN SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMK BATIK SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Pengesahan.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pengawas sekolah terhadap kinerja guru; 2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 3) pengaruh pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di di SMK Batik 1 dan 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 100 orang guru. Penelitian ini tidak menggunakan sampel karena seluruh populasi diambil sebagai sampel. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,093 + 0,374.X1 + 0,580.X2. Persamaan menunjukkan bahwa pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru. Setiap peningkatan skor pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah akan meningkatkan kinerja guru. Kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Pengawas sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMK Batik Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 5,593 lebih besar dari ttabel (1,980) pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi pengawas sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 29,4%; 2) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMK Batik Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 6,734 lebih besar dari ttabel (1,980) pada taraf signifikansi 5%. Kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi sebesar 37% terhadap kinerja guru; 3) Pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMK Batik Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 95,856 lebih besar dari Ftabel (3,92) pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,664, ini berarti 66,4% kinerja guru dipengaruhi oleh variabel pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Apr 2011 06:47
Last Modified: 12 Apr 2011 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11439

Actions (login required)

View Item View Item