PERBEDAAN PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK AKUNTAN INDONESIA (Survey Pada Perguruan Tinggi di Wilayah Surakarta)

RAHAYU , YAYU SRI (2006) PERBEDAAN PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK AKUNTAN INDONESIA (Survey Pada Perguruan Tinggi di Wilayah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV dann V)
BAB_IV_&_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap kode etik Indonesia, serta mengungkap kecukupan muatan etika dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi berdasarkan pendapat mereka. Populasi dalam penelitian ini meliputi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi di Surakarta, dimana sampel diambil dari dua Perguruan tinggi di Surakarta yang terdaftar dalam Kopertis wilayah VI dan menyelenggaran program S1 Akuntansi. Analisis didasarkan pada data dari 90 responden penelitian yang pengumpulannya melalui kuesioner. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah Independet Samples T-test. Uji validitas menggunakan teknik korelasi Pearson’s Correlation Product Momment, normalitas data menggunakan One Sample Kolmogorof Smirnov serta pengujian homogenitas antar varian menggunakan Levene’s Test. Berdasarkan penelitian terhadap muatan etika dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi, peneliti menemukan bahwa kurikulum pendidikan tinggi akuntansi belum cukup mampu memberikan bekal etika kepada mahasiswa untuk terjun di dunia kerja, walaupun beberapa mata kuliah yang diajarkan telah mencakup muatan etika. Responden mengusulkan untuk memperluas cakupan muatan etika dalam kurikulum akuntansi dengan mengintegrasikan ke mata kuliah tertentu dan mengintegrasikan ke semua mata kuliah yang diajarkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 09:15
Last Modified: 08 Apr 2011 11:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11344

Actions (login required)

View Item View Item