ANALISIS PENGARUH INFORMASI PROSPEKTUS TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA SAAT IPO DI BEJ TAHUN 2000-2004 (Studi empiris pada)

Utomo, Herman Susilo (2006) ANALISIS PENGARUH INFORMASI PROSPEKTUS TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA SAAT IPO DI BEJ TAHUN 2000-2004 (Studi empiris pada). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
B_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
B_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
B_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab V)
B_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (26kB)

Abstract

Ada beberapa alasan perusahaan melakukan go-publik. Alasan go-publik BUMN biasanya adalah untuk memasyarakatkan saham BUMN dan agar BUMN tersebut lebih efisien karena adanya pengawasan melekat dari masyarakat. Sedangkan alasan go-publikbagi perusahaan swasta pada umumnya karena masalah keuangan. Penjualan surat berharga kepublik harus didukung dengan informasi dan dokumen-dokumen yang diwajibkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku. Salah satu dokumen tersebut adalah prospectus. Prospectus adalah gambaran umum perusahaan yang memuat keterangan secara lengkap dan jujur mengenai keadaan perusahaan dan prospeknya dimasa yang akan datang serta informasi-informasi yang dibutuhkan sehubungan dengan penawaran umum. Informasi ini yang digunakan investor untuk memprediksi initial return dan juga resiko relatif dari masing-masing perusahaan. Penelitian ini mencoba menganalisis pengaruhi nformasi prespektus terhadap underpricing atau initial bagi investor. Dari 6 variabel yang diteliti yaitu umur perusahaan, reputasiauditor, reputasi underwriter, besaran perusahaan, ROEdan financial leverage, terdapat 2 variabel yang signifikan terhadap underpricing yaitu ROE (0,005) dan financial leverage (0,002) dengan tingkat signifikan si5%. Sedangkan 5variabel lainnya tidak signifikan dalam mempengaruhi underpricing. Namun dilihat dari uji signifikan si simultan atau uji f, ke-6 variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap underpricing.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: go-public, informasi prespektus, underpricing
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 05:19
Last Modified: 08 Apr 2011 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11326

Actions (login required)

View Item View Item