PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survei Pada Rumah Sakit Di Kabupaten Klaten)

Widayanti , Eryda Agustin (2007) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survei Pada Rumah Sakit Di Kabupaten Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Eryda.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survei Pada Rumah Sakit Di Kabupaten Klaten). Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, 2) Untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja manajerial, 3) Untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dengan budaya organisasi sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah sakit di wilayah Kabupaten Klaten. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan model analisis regresi berganda melalui uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial diperoleh nilai thitung = 2,330 > ttabel = 2,021, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial. Hasil uji hipotesis 1 terdukung secara statistik. Hasil pengujian budaya organisasi terhadap kinerja manajerial diperoleh nilai thitung = 3,538 > ttabel = 2,021, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja manajerial. Hasil uji hipotesis 2 terdukung secara statistik. Hasil pengujian interaksi partisipasi penyusunan anggaran dengan budaya organisasi bersifat positif dengan thitung = 3,208 > ttabel = 2,021. Artinya hasil hipotesis 3 terdukung, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi partisipasi penyusunan anggaran dengan budaya organisasi yang berorientasi pada orang terhadap kinerja manajerial, hal ini berarti bahwa interaksi partisipasi penyusunan anggaran dengan budaya organisasi yang berorientasi pada orang ternyata mampu meningkatkan kinerja manajerial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Penyusunan Anggaran, Budaya Organisasi, Kinerja Manajerial
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 04:44
Last Modified: 07 Apr 2011 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item View Item