USAHA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEBERANIAN SISWA MAJU KE DEPAN MENGERJAKAN SOAL MELALUI PEMBERIAN INSENTIF ( PTK kelas VII SMP Negeri I Miri Semester Genap Tahun Ajaran 2007/2008)

Thoifin , Ahmad (2008) USAHA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEBERANIAN SISWA MAJU KE DEPAN MENGERJAKAN SOAL MELALUI PEMBERIAN INSENTIF ( PTK kelas VII SMP Negeri I Miri Semester Genap Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
A410040022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis peningkatkan prestasi belajar matematika dan keberanian siswa maju ke depan mengerjakan soal melalui pemberian insentif. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP N I Miri sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VII A SMP N I Miri tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 39 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Adanya peningkatan keberanian siswa ditinjau dari aspek: a) Keberanian bertanya sebelum tindakan (7,69%), pada putaran I (10,3%), pada putaran II (23,1%), pada putaran III (28,2%), b) Keberanian menjawab pertanyaan sebelum tindakan (2,56%), pada putaran I (12,8%), pada putaran II (23,1%), pada putaran III (43,6%), c) Keberanian mengemukakan pendapat sebelum tindakan (10,3%), pada putaran I (15,4%), pada putaran II (30,8%), pada putaran III (38,5%), d) Keberanian maju ke depan mengerjakan soal-soal latihan sebelum tindakan (7,69%), pada putaran I (10,3%), pada putaran II (20,5%), pada putaran III (35,9%), e) Keberanian mengerjakan soal latihan mandiri sebelum tindakan (17,9%) pada putaran I (33,3%), pada putaran II (51,3%), pada putaran III (82,1%). Insentif yang diberikan pada putaran I berupa nilai/angka, pada putaran II berupa nilai/angka dan hadiah, pada putaran III berupa nilai/angka, hadiah, dan hukuman. 2. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari jumlah siswa yang tuntas dalam belajarnya. Siswa dinyatakan tuntas apabila nilai siswa ≥ 60, yaitu pada putaran I (33 %), pada putaran II (51,3 %), pada putaran III (76,9 %). Hasil penelitian ini dapat dijadikan cara alternatif oleh guru matematika atau sebagai bahan pemikiran untuk meningkatkan keberanian siswa dan dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keberanian, Insentif, prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2009 02:05
Last Modified: 31 Jan 2011 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item