ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

KURNIASIH, DIDIK (2007) ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (362kB)

Abstract

Masalahyanghendakdicarijawabannyadalampenelitianiniadalah:(1) Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumen denganmerekyangdigunakanterhadapkepuasanmenggunakanproduk.(2) Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesukaandenganmerekyang digunakanterhadapkepuasandalammenggunakanproduktersebut.(3)Apakah konsumenpadaberbagaitingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyang digunakandanberbagaitingkatankesukaanmerekakanmemilikitingkat kepuasanyangberbeda.Sedangkanhipotesisdaripenelitianiniadalah(1)Ada pengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumendengan merekyangdigunakan (self-imagecongruency) terhadapkepuasan (satisfaction) dalammenggunakanproduktersebut.(2)Adapengaruhpositifdansignifikan antarakesukaan akan merek (brandpreference) yangdigunakan terhadap kepuasan (satisfaction) dalammenggunakanproduktersebut.(3)Konsumenpada berbagaitingkatkesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakandanberbagai tingkat kesukaan pada merek akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda. Penelitianinimengambilsampelsebanyak125orangresponden mengetahuimerek,membeli,danmenggunakansepedamotormerekHondayang merupakanmahasiswaUniversitas Muhammadiyah Surakarta.Teknik pengambilansampeldalampenelitianiniadalahsecara nonprobabilitysampling dengan purposivesampling. Dimanapenelitimengambiljudgementsampling dimanapenelitimemilihsampelberdasarkanpenilaianterhadapbeberapa karakteristikanggotasampelyangdisesuaikandenganmaksudpenelitian.Dalam penelitianini,penelitimemilihanggota-anggotasampeldaripopulasiyangtidak diketahuijumlahnyadanmemenuhikriteriatertentu,dengancarabertanyasecara lisankepadarespondenapakahmerekamengetahuimerek,membeli,dan menggunakansepedamotormerekHondasertamerupakanmahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ujicobainstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahuji validitas menggunakananalisisfaktordanujireliabilitasmenggunakan Cronbach Alpha. Dalanpengolahandatadugunakanalatanalisisyangberuparegresilinier sederhana, uji t, dan analisis manova. Kesimpulanyangdapatditarikdalampenelitianiniadalah:(1) Adanya pengaruhpositifdansignifikandarikesesuaiancitradiriterhadapkepuasan menggunakanproduktersebut.Berdasarkanhasilujiregresiuntukmenguji hipotesis1terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,469,nilaithitung 5,601dengansignifikansi0,000.(2)Adanyapengaruhpositifdansignifikandari kesukaanmerekterhadapkepuasankonsumen.Berdasarkanhasilujiregresiuntuk mengujihipotesis2terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,441,nilait hitung5,982dengansignifikansi0,000.Haltersebutmenunjukkanbahwa variabelindependenkesesuaiancitradirimempunyaipengaruhpositifdan signifikanterhadapvariabeldependenkepuasan(3)Konsumenpadaberbagai tingkatankesesuaiancitradiridankesukaanmerekdenganmerekyangdigunakan akanmemilikikepuasanyangberbeda.BerdasarkanhasilpengujianMANOVA denganprosedur Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’s LargestRoot.Kesemuanyamenunjukkanangkasignifikansidibawah0,05. Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’sLargestRoot dengan signifikansi0,000lebihkecildaripada0,05makadapatdiartikanadaperbedaan yangsignifikanantarakesesuaiancitradiridankesukaanakanmerekterhadap kepuasan.Dengandemikiandapatdinyatakanbahwakonsumenpadaberbagai tingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakanakanmemiliki tingkat kesukaan akan merek dan kepuasan yang berbeda Berdasarkantemuan-temuandalampenelitianinipenulismencobauntuk memberikansaranyangdapatdijadikanpertimbanganbagiperusahaanuntuk memanfaatkandanmenggunakanstrategi-strategipositioningprodukdenganbaik supayadapattetapmempertahankancitramereknya.Perusahaanjugaperlutetap mempertahankankualitassepedamotormerekHonda.Karena dengan mempertahankankualitasdanmeningkatkanmutuyangbaik,makakonsumen akanmerasapuasdantetaployalterhadapsepedamotormerekHonda,sehingga mereka tidak akan berniat untuk berpindah merek.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 09:09
Last Modified: 05 Apr 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11219

Actions (login required)

View Item View Item