PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali)

NURYANTI , NURYANTI (2007) PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._JUDUL.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (2) pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (3) pengaruh kreativitas dan intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai rhitung = 0,343 > rtabel = 0,221, (2) terdapat, pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai rhitung = 0,339 > rtabel = 0,221 (3) terdapat pengaruh kreativitas dan intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai Fhitung= 25,217. Kontribusi efektif kreativitas belajar terhadap kemampuan kognitif siswa sebesar 40,50% dan intensitas belajar siswa sebesar 36,31%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas dan intensitas belajar matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, intensitas belajar, kemampuan kognitif siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 05:56
Last Modified: 09 Oct 2018 07:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11041

Actions (login required)

View Item View Item