PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007

LESTARI , SIRIA (2007) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)

Abstract

Siswa kelas VIIB SLTP N 3 Trucuk Cenderung pasif, ramai, kurang memperhatikan pelajaran, kurang berminat mengikuti pelajaran dan merasa jenuh dengan pembelajaran yang monoton menyebabkan tingkat pemahaman siswa kurang sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu peneliti dan guru memilih pembelajaran dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan CTL pada materi pokok saling ketergantungan di kelas VIIB terdiri dari 4 kelas, yaitu VIIA sampai dengan VIID. Sampel penelitian ini adalah siswa kel as VIIB dengan jumlah siswa 40, pengambilan sampel dengan teknik purposive cluster sampling. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui dialog awal, observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis data perkembangan hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus III dan dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum t indakan didapat, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 4,91, rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,79, rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 6,33 dan pada siklus III meningkat menjadi 8,41. Berdasarkan perhitungan linier menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan CTL hasil belajar meningkat sebesar 0,21 point atau 21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar khususnya kognitif dan afektif siswa kelas VIIB SLTP N 3 Trucuk tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok saling ketergantungan sebesar 0,21 point atau 21%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan contextual teaching learning (CTL), hasil belajar biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 04:34
Last Modified: 24 Mar 2011 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10966

Actions (login required)

View Item View Item