PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

LARTININGSIH , ENDANG (2007) PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Surakarta kelas VII tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E dan VII F. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VII F dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri-cir tertentu yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan atas berbaga pertimbangan atau tujuan tertentu. Pertimbangan tersebut didasari oleh hasi observasi yaitu : siswa ramai, konsentrasi siswa tidak terfokus guru kurang mendapat perhatian siswa, siswa kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan materi, tidak ada keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, kondisi kela yang siswanya kurang aktif berperan serta dalam mengikuti pelajaran, prestas belajar siswa yang belum optimal, dan metode pembelajaran yang digunakan Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisi data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III yang dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,23 dan rata-rata pada siklus I meningka menjadi 6,54, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,02 dan siklus III meningka menjadi 7,21. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi NHT pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,33 point atau 33%. Berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan NHT meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,33 point atau 33%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi NHT, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2011 05:53
Last Modified: 22 Mar 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10916

Actions (login required)

View Item View Item