PENGARUH HUMAN RELATION, KONDISI FISIK LINGKUNGAN KERJA, DAN PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP SEMANGAT KERJA PADA KARYAWAN PT. BERLIAN ANANDA KARANGANYAR

PRAKOSO, RIESKY SETYO (2007) PENGARUH HUMAN RELATION, KONDISI FISIK LINGKUNGAN KERJA, DAN PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP SEMANGAT KERJA PADA KARYAWAN PT. BERLIAN ANANDA KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF
Bab_K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)

Abstract

Perkembangan zaman semakin pesat, menuntut perusahaan bersaing dengan tujuan agar dapat bertahan hidup dan mendapat laba yang maksimal. Perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut membutuhkan kerjasama antara atasan dan bawahan, adanya komunikasi dan jaminan sosial mungkin diperlukan bagi karyawan. Untuk menciptakan semangat kerja karyawan perusahaan harus memperhatikan faktor human relation, kondisi fisik lingkungan kerja dan pemberian insentif terhadap karyawan. Perumusan masalah yang diambil adalah: 1) Apakah human relation, kondisi fisik lingkungan kerja, dan pemberian insentif menpunyai pengaruh yang signifika n terhadap semangat kerja karyawan? 2) Variabel mana yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap semangat kerja PT. Berlian Ananda Karanganyar? Berdasarkan perumusan masalah, maka dapat disampaikan hipotesis sebagai berikut: 1) Diduga faktor human rela tion, kondisi fisik lingkungan kerja, dan pemberian insentif berpengaruh positif terhadap semangat kerja karyawan PT. Berlian Ananda Karanganyar. 2) Diduga faktor pemberian insentif mempunyai pengaruh paling dominan terhadap semangat kerja PT. Berlian Ananda Karanganyar. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian : 1) Uji validitas, 2) Uji reliabilitas, 3) Analisis regresi linear berganda, 4) Uji t, 5) Uji F, 6) Analisis koefisien determinasi (R ), 7) Uji Asumsi klasik. Hasil analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa human relation berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan semangat kerja pada PT. Berlian Ananda Karanganyar. 2). Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kondisi fisik lingkungan kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan semangat kerja pada PT. Berlian Ananda Karanganyar. 3). Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pemberian insentif berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan semangat kerja pada PT. Berlian Ananda Karanganyar. Saran-saran yang disampaikan adalah 1) Sebaiknya perusahaan memperhatikan faktor Pemberian insentif, karena faktor tersebut paling mempengaruhi semangat kerja karyawan namun faktor Human relation dan Kondisi fisik lingkungan kerja tidak diabaika n. 2) Untuk menjaga hubungan yang baik antara karyawan dengan perusahaan, sebaiknya perusahaan tetap selalu memperhatikan kesejahteraan karyawannya. 3) Untuk peneliti selanjutnya yang akan mengambil tema yang sama dengan penelitian ini sebaiknya menambahkan variabel penelitian seperti Kepemimpinan, Pendidikan, Motivasi, dan sebagainya untuk mengetahui kontribusi yang lebih baik serta menuliskan quesioner yang negatif dengan penilaian yang terbalik pada item ke-4 (human relation dan pemberian insentif).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: faktor human relation, kondisi fisik lingkungan kerja , pemberian insentif terhadap karyawan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 14 Mar 2011 10:25
Last Modified: 14 Mar 2011 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item