FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri)

SUSILOWATI , ENDAR (2007) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
ENDAR-COVER.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
ENDAR-1.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
ENDAR-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
ENDAR-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (bab IV)
ENDAR-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
ENDAR-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
ENDAR-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
ENDAR-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dari soal cerita, 2) memahami apa yang ditanyakan dari soal cerita, 3) menerapkan konsep- konsep yang telah dipelajari ke dalan soal cerita, 4) mengubah soal matematika ke bentuk-bentuk model matematika, 5) membuat pemecahan masalah dari soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi kelas, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) kesulitan siswa dalam memahami kalimat soal cerita yaitu siswa kurang mampu memahami dan mengerti bahasa yang digunakan dalam soal; 2) kesulitan dalam menerapkan konsep yang dipelajari ke dalam soal cerita yaitu siswa tidak mengerti definisi, aturan, rumus, dalil yang diterapkan agar penerapan dalam situasi baru lancar; 3) kesulitan mengubah soal matematika ke bentuk model matematika yaitu siswa tidak bisa menterjemahkan persoalan sehari-hari ke dalam bahasa matematika, 4) kesulitan memecahkan masalah yaitu siswa kurang memperhatikan penjelasan guru tentang langkah- langkah penyelesaian soal cerita serta masih kurangnya kemampuan berhitung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep, wawancara, dokumentasi, observasi, dalil.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2011 04:30
Last Modified: 10 Mar 2011 04:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10774

Actions (login required)

View Item View Item