ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA GALLERY BATIK CEMPAKA

Prakosa, Fajar (2007) ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA GALLERY BATIK CEMPAKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Cover)
01._Cover.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
02._BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF
Bab_K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)

Abstract

Seni batik merupakan budaya asli Indonesia yang sarat akan makna dan nilai. Sekarang ini batik sudah dikonsumsi semua kalangan, baik dari jenis, motif maupun kegunaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas bauran pemasaran terhadap peningkatan loyalitas konsumen. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat mengetahui keunggulan karakteristik tiap produk baik, yang bisa dijadikan masukan dalam bidang pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pada Batik Cempaka, sedangkan sampelnya adalah 60 konsumen yang berkunjung di Batik Cempaka yang diambil melalui metode purposive samplig. Adapun berdasarkan hasil penelitian tentang efektivitas pengaruh bauran pemasaran pada Batik Cempaka yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi terhadap loyalitas konsumen, diketahui bahwa hasil pengujian statistik t (thitung) untuk variabel produk adalah 3,270 > 2,004; sehingga produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, untuk variabel harga adalah -2,321 < -2,004; sehingga produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, untuk varibel promosi adalah 4,393 > 2,004; sehingga promosi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dan untuk variabel distribusi adalah 1,607 < 2,004; sehingga distribusi tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Hasil Fhitung adalah 31,368 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,53 yang menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi secara bersma-sama efektif berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Adapun dengan besar nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,695 berarti bahwa loyalitas konsumen pada Batik Cempaka 69,5% dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi, sedangkan sisanya sebesar 40,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Loyalitas Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 09 Mar 2011 09:20
Last Modified: 09 Mar 2011 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item View Item