ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN

HASTUTI, RATIH SRI (2006) ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (cover)
_COVER.pdf

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab K)
Bab_K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Sepeda Motor Dayang di Kabupaten Klaten”. Latar belakang penelitian ini adalah adanya keinginan dari pengusaha untuk mengetahui informasi dari konsumen terhadap produk dan jasa yang mereka jual. Informasi ini diperlukan untuk menyusun sebuah konsep pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Dayang di Kabupaten Klaten, beserta faktorfaktor dan variabel yang mempengaruhinya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1. Variabel yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Dayang di wilayah Kabupaten Klaten adalah variabel sikap. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi variabel sikap dan norma subyektif sepeda motor Dayang dalam melakukan pembelian sepeda motor Dayang di Kabupaten Klaten adalah faktor evaluasi dan keyakinan membeli. Hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan model sikap Fishbein menunjukkan bahwa perilaku konsumen adalah positif dengan nilai 6,752. Analisis data dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa variabel sikap adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap perilaku konsumen dengan nilai Z hitung variabel sikap -4,527 (nilai mutlak), nilai Z hitung variabel norma subyektif -2,325 (nilai mutlak) dan nilai Z tabel = -1,655 (nilai mutlak). Analisis data dengan uji Rank Spearman menunjukkan bahwa evaluasi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap variabel sikap dengan nilai ρ hitung keyakinan membeli = 0,934, dan nilai ρ hitung evaluasi = 0,926 dan ρ standar = 0,5. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah : 1. Variabel yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen adalah variabel sikap. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi variabel sikap dan norma subyektif adalah evaluasi dan keyakinan membeli. Kesimpulan di atas akhirnya dapat diimplikasikan sebagai berikut: 1. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen, PT. Dayang Motor perlu melakukan pelayanan pra penjualan dan purna penjualan dengan baik. 2. Promosi hendaknya dilakukan langsung kepada konsumen. 3. Penampilan kualitas sepeda motor Dayang harus terus ditingkatkan begitu juga dengan pelayanan konsumen oleh sepeda motor Dayang Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sikap , Perilaku Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 08 Mar 2011 09:09
Last Modified: 08 Mar 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10715

Actions (login required)

View Item View Item