Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis Pendekatan SAVI Dengan Berbantuan Aplikasi SWAY

Dwi Armiyanti, Ros and -, Dr. Djalal Fuadi, M.M. and -, Dr. Anatri Desstya, M.Pd. (2022) Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis Pendekatan SAVI Dengan Berbantuan Aplikasi SWAY. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data prapenelitian dari 29 responden guru kelas 5 di Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo yang dipilih secara Stratified Random Sampling menunjukkan beberapa masalah dalam pelaksanaan pembelajaran daring, seperti: siswa lebih bisa mengikuti pembelajaran asynchronous dibandingkan synchronous, keterbatasan kuota internet, sinyal internet lemah, kepemilikan perangkat digital seperti smartphone dan laptop, kebutuhan terhadap e-modul yang dapat dikreasi sendiri oleh guru dan dapat diakses oleh siswa secara gratis dan mudah untuk mendukung pembelajaran daring. Tujuan penelitian ialah: 1) menganalisis kebutuhan e-modul tematik berbasis model pembelajaran SAVI dengan berbantuan aplikasi SWAY, 2) menghasilkan desain dan produk e-modul tematik berbasis model pembelajaran SAVI dengan berbantuan aplikasi SWAY, dan 3) mengevaluasi kelayakan dan efektivitas pada e-modul tematik berbasis model pembelajaran SAVI dengan berbantuan aplikasi SWAY terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas 5. Jenis penelitian ialah penelitian R&D model pengembangan 4D yang dibatasi hanya pada tahap Define, Design, Develop. Waktu penyusunan dilakukan pada bulan November 2021–Juli 2022. Desain eksperimen adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data diambil melalui teknik angket, wawancara, dan studi literatur. Uji efektivitas meliputi uji T dan uji N-Gain. Data diperoleh dari pretest dan posttest yang dikerjakan oleh siswa. Uji T dihitung dengan menggunakan taraf kepercayaan 95% dengan nilai t tabel 2,0452. Nilai signifikansi uji T yang didapat yaitu: PPKn sebesar 3,0262 > 2,0452, Bahasa Indonesia sebesar 4,4752 > 2,0452, IPA sebesar 2,8266 > 2,0452, IPA sebesar 2,3789 > 2,0452, SBdP sebesar 3,0631 > 2,0452. Oleh karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H1 diterima. Sehingga, terdapat perbedaan hasil belajar pretest dan posttest siswa yang signifikan, di mana siswa yang belajar dengan menggunakan e-modul tematik mendapatkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakannya. Hasil uji N-gain yaitu: PPKn sebesar 55,5556, Bahasa Indonesia sebesar 58,05556, IPA sebesar 56,6667, IPS sebesar 56,6667, dan SBdP sebesar 56,1111 yang berdasarkan kriteria nilai N-gain termasuk ke dalam kategori ‘cukup efektif’. Hasil perhitungan tersebut berarti bahwa terjadi peningkatan hasil belajar menggunakan e-modul tematik kelas eksperimen yang lebih baik dibandingkan sebelum menggunakannya. Sehingga, hipotesis yang diterima adalah produk pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran SAVI dengan berbantuan aplikasi SWAY cukup efektif untuk dijadikan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, SAVI, SWAY, Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: ROS DWI ARMIYANTI
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:15
Last Modified: 21 Nov 2022 07:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/105657

Actions (login required)

View Item View Item