PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2004

FATMAWATI , FATMAWATI (2007) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
CoverDepan.pdf

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian mahasiswa dalam belajar, bagaimana mahasiswa menyelesaikan kesulitannya dalam belajar, dan prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi FKIP UMS tahun angkatan 2004. Dengan metode penelitian kuantitatif dengan populasi 129, sampel sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling menggunakan angket tertutup. Hasil pengujian dan analisis terhadap model regresi linier berganda didapatkan: y = 2,335 + 0,013x1 + 0,015x2. Koefisien regresi x1 sebesar 0,013 menunjukkan hubungan positip untuk kemandirian belajar sebesar 0,013 terhadap perubahan y secara individu, demikian juga untuk koefisien regresi x2 sebesar 0,015 menunjukkan hubungan positip untuk kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar mahasiswa sebesar 0,015 terhadap y secara individu. Sedangkan konstanta 2,335 menunjukkan perubahan y jika kedua variabel x1 dan x2 dianggap nol atau tidak ada. Dengan demikian apabila kemandirian belajar mahasiswa ditingkatkan, atau kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar mahasiswa ditingkatkan atau kedua-duanya ditingkatkan, maka akan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang didapatkan yaitu t-hitung untuk kemandirian belajar mahasiswa sebesar 2,873 signifikan pada taraf signifikansi 5% dan t-hitung untuk kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar mahasiswa sebesar 2,984 signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan pengaruh kedua variabel tersebut dengan prestasi belajar mahasiswa dibuktikan dengan hasil uji-F dengan nilai F-hitung sebesar 15,535 signifikan pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini teruji. Sedangkan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar mahasiswa dengan ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar 0,015. SE% untuk kemandirian belajar mahasiswa sebesar 58,035%, sedangkan SR% untuk kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar mahasiswa sebesar 66,96% terhadap prestasi belajar mahasiswa. SE% untuk kemandirian belajar mahasiswa sebesar 21,41%, sedangkan SE% untuk kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar mahasiswa sebesar 24,70% terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2011 08:53
Last Modified: 18 Feb 2011 08:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10466

Actions (login required)

View Item View Item