PRABANDARI, LIANA and -, Dr. Djalal Fuadi, M.M and -, Dr. Sumardi, M.Si (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berorientasi Eksperimen Sains Untuk Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal Publikasi Liana.pdf Download (710kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN LIANA OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA berorientasi eksperimen sains untuk pembelajaran IPA Sekolah Dasar (SD), (2) mengembangkan LKPD IPA berorientasi eksperimen sains untuk pembelajaran IPA SD, (3) mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas LKPD IPA berorientasi eksperimen sains untuk pembelajaran IPA SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis Design Develop Implement Evaluate). Subyek penelitian terdiri dari tiga Guru kelas V dan siswa kelas V yang berada di wilayah Gugus Ahmad Yani kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Subyek penelitian ditentukan dengan purposive sampling dimana berdasarkan guru dan jumlah peserta didik terbanyak di kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, angket, dan test pengetahuan. Langkah pengembangan media meliputi (1) analisis kebutuhan, (2) desain media, (3) pengembangan media, (4) implementasi, (5) evaluasi, dilanjutkan dengan melakukan uji validasi tim ahli dan uji efektivitas media. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Dibutuhkan pengembangan bahan ajar berbentuk LKPD cetak berbasis eksperimen sains untuk pembelajaran IPA SD. 2) Desain LKPD yang dikembangkan berbentuk cetak dan berorientasi eksperimen sains untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran IPA. 3) LKPD IPA berbasis eksperimen sains yang telah dikembangkan memperoleh skor 93 dari ahli media yang termasuk kategori sangat layak. Skor 91 untuk validasi ahli materi dengan kategori sangat layak. Hasil uji keterbacaan sebesar 3,4 (x>3) dengan kategori sangat baik, dan uji keterlaksanaan sebesar 3,3 (x>3) dengan kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas beda mean menunjukkan rata- rata uji terbatas II lebih tinggi dibanding uji terbatas I, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis eksperimen sains efektif digunakan pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pembelajaran IPA, Eksperimen Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | LIANA PRABANDARI |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 04:32 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 04:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104311 |
Actions (login required)
View Item |