MOTIVASI WALI MURID MENYEKOLAHKAN ANAK-ANAKNYA DI SD DJAMA’ATUL ICHWAN SURAKARTA

SALEH, MUHAMAD ROSLAN (2010) MOTIVASI WALI MURID MENYEKOLAHKAN ANAK-ANAKNYA DI SD DJAMA’ATUL ICHWAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000060125.pdf

Download (132kB)
[img] PDF
G000060125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh keingintahuan penulis tentang SD Djamaa’atul Ichwan Surakarta, di mana sekolah tersebut merupakan sekolah dasar tertua di kota Surakarta. Sekolah dasar yang dulunya bernama pamulangan rakyat yang berada di daerah Laweyan. Keberadaan SD Djamaa’atul Ichwan sudah banyak melahirkan ribuan generasi yang memberikan konstribusi positif kepada tanah air bahkan terhadap dunia. Sehingga sampai saat ini tetap eksis serta antusiasme masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di SD Djamaa’atul Ichwan cukup tinggi. Hal ini terlihat dengan peningkatan jumlah siswa yang masuk ke sekolah tersebut tiap tahunnya. Berdasarkan itu semua maka penulis ingin mengungkap tentang faktor apa saja yang menjadi daya tarik atau kelebihan SD Djamaa’atul Ichwan Surakarta dan apa yang menjadi motivasi wali murid dalam memilih SD Djamaa’atul Ichwan Surakarta sebagai tempat belajar bagi anak–anaknya setelah menamatkan taman kanak–kanak serta motivasi apa yang paling berpengaruh atau dominan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wali murid SD Djamaa’atul Ichwan Surakarta yang jumlahnya kurang lebih 725 orang. Mengingat jumlah populasi yang banyak maka peneliti menggunakan teknik sampling. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Dan yang menjadi sampel adalah wali murid kelas I, II, III, IV, V dan VI SD Djamaa’atul Ichwan yang jumlahnya sebesar 34 orang (5%) dengan jumlah masing-masing kelas sekitar 5-6 orang. Adapun teknik analisis data yang dipakai adalah kualitatif interaktif. Model Miles dan Huberman yaitu dengan langkah mengumpulkan data, mereduksi data, verifikasi dan mengambil kesimpulan. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: Motivasi wali murid tersebut didasari oleh dua factor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor daari dalam diri wali murid itu sendiri. Misalnya cita–cita, harapan, rasa aman, obsesi, agama dan tanggung jawab. Sedangkan faktor ekstern adalah faktor luar yang datang dari lingkungan keluarga, masyarakat, maupun daya tarik SD Djamaa’atul Ichwan Surakarta itu sendiri.Motivasi wali murid menyekolahkan anak–anaknya di SD Djamaa’atul Ichwan Surakarta di karenakan sekolah tersebut berbasis Pondok Pesantren, memiliki program unggulan kurikulum islam terpadu, biaya terjangkau relatif murah, prestasi dan letak yang strategis. Dan motivasi wali murid yang paling dominan karena berbasis pondok pesantren dan memiliki program unggulan islam terpadu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI WALI MURID MENYEKOLAHKAN ANAK-ANAKNYA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2011 09:10
Last Modified: 13 Jun 2012 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9993

Actions (login required)

View Item View Item