SUHARTO, AGUS (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SUMBERLAWANG DI SRAGEN. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100950327.pdf Download (31kB) |
|
PDF
B100950327.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
Abstract
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah variabel harga, produk, dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen SPBU Sumberlawang di Sragen? dam Variabel independen (harga, produk, pelayanan) yang lebih berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen? Tujuan yang ingin dicapai adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, produk, dan pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen. 2) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, produk, dan pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen. 3) Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen/pelanggan SPBU di Surakarta. Sampel yang akan diambil untuk diteliti adalah 100 konsumen/pelanggan Sumberlawang di Sragendengan metode pengambilan sampel secara nonprobability sampling dengan teknik insidental sampling. Pengambilan data menggunakan metode angket skala Likert dengan metode analisis data regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji R2. Berdasarkan hasil regresi linier diperoleh persamaan Y = 0,366 + 0,397X1 + 0,475X2 + 0,203X3. Pengujian analisis regresi, diperoleh nilai Fhitung (15,889) > Ftabel (2,70) dengan nilai signifikan (0,000) < signifikan penelitian (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel harga, produk, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan apabila digunakan bersama-sama atau serentak. Hasil thitung variabel harga (X1) sebesar (3,037) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,003, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil thitung variabel produk (X2) sebesar (3,942) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil thitung variabel pelayanan (X 3 ) sebesar (3,033) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,003, maka dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil kesimpulan uji t, diketahui bahwa variabel produk merupakan variabel yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan karena nilai thitung > nilai thitung variabel yang lain. Hasil nilai R Square sebesar 0,332 atau 33,2%, maka dapat disimpulkan bahwa variabel harga, produk, dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 33,2% sedangkan sisanya sebesar 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Produk, Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 19 Jan 2011 08:45 |
Last Modified: | 19 Jan 2011 08:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9877 |
Actions (login required)
View Item |