HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI (2010) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A520085062.pdf Download (172kB) |
|
PDF
A520085062.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran yang meliputi : 1) Mengetahui penerapan metode bermain peran sebagai upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak 2) Mengetahui kegunaan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak. Subyek yang melakukan penelitian adalah peneliti dan rekan guru serta subyek yang menerima tindakan adalah semua anak didik kelompok B TK Wonokarto Wonogiri yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan teknik perbandingan tetap antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak yaitu sebelum tindakan sebanyak (40%) pada Siklus I sebanyak (45%), Siklus II sebanyak (50%) dan Siklus III se- banyak (80%). Hasil kemampuan anak didik dalam pembelajaran bermain pean pada Siklus I sebanyak (40%) pada Siklus II sebanyak (55%) dan Siklus III sebanyak (75%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode bermain peran, interaksi sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Jan 2011 09:31 |
Last Modified: | 11 Jun 2012 05:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9854 |
Actions (login required)
View Item |