ALFIYANTI , NURLAILI (2010) UPAYA MENINGKATKAN DAYA PIKIR ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Indria Putra II Semanggi Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A520085042.pdf Download (65kB) |
|
PDF
A520085042.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
Abstract
Daya pikir anak dapat ditingkatkan, oleh sebab itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan daya pikir anak melalui permainan edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Salah satu cara untuk meningkatkan daya pikir anak adalah dengan menggunakan metode pemberian tugas dengan media puzzle. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B2 TK Indria Putra II Semanggi Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan daya pikir anak melalui permainan edukatif berupa puzzle yakni sebelum tindakan 57%, siklus I mencapai 65%, siklus II mencapai 80% dan siklus II 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan edukatif berupa puzzle sangat tepat dan dapat meningkatkan daya pikir anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | daya pikir anak, permainan edukatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Jan 2011 08:32 |
Last Modified: | 11 Jun 2012 04:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9837 |
Actions (login required)
View Item |