UPAYA MENINGKATKAN DAYA PIKIR ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Indria Putra II Semanggi Tahun Ajaran 2010/2011)

ALFIYANTI , NURLAILI (2010) UPAYA MENINGKATKAN DAYA PIKIR ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Indria Putra II Semanggi Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085042.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
A520085042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Daya pikir anak dapat ditingkatkan, oleh sebab itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan daya pikir anak melalui permainan edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Salah satu cara untuk meningkatkan daya pikir anak adalah dengan menggunakan metode pemberian tugas dengan media puzzle. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B2 TK Indria Putra II Semanggi Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan daya pikir anak melalui permainan edukatif berupa puzzle yakni sebelum tindakan 57%, siklus I mencapai 65%, siklus II mencapai 80% dan siklus II 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan edukatif berupa puzzle sangat tepat dan dapat meningkatkan daya pikir anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: daya pikir anak, permainan edukatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2011 08:32
Last Modified: 11 Jun 2012 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9837

Actions (login required)

View Item View Item