PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)

JUMIDAH, SITI (2010) PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085035.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
A520085035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional anak melalui metode cerita pada anak didik kelompok B2 semester I di TK Aisyiyah IV Semanggi tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2010 di TK Aisyiyah IV Semanggi pada Kelompok B2 Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian menggunakan sampel 24 anak didik Kelompok B2 dengan kondisi dari awal anak-anak ketika tiba di sekolah sampai kegiatan pembelajaran berlangsung, anak-anak didik kelompok B2 mengalami kesulitan dalam bergaul dengan teman sebaya di sekolah, kemampuan mengendalikan diri pada saat harus berpisah dengan orangtua walaupun hanya sebentar, kepercayaan terhadap kemampuan diri yang masih rendah, dapat dibuktikan dengan seringnya anak-anak mengatakan tidak bisa, untuk kemudian menangis karena merasa sulit menyelesaikan tugas. Anak-anak juga sering tidak mandiri, karena selalu meminta pertolongan kepada orangtua yang kebetulan juga masih menunggui untuk mengambilkan sesuatu yang dibutuhkan anak. Rancangan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari 3 siklus. Desain penelitian yang akan digunakan adalah action research (penelitian tindakan kelas). Desain ini dipilih dengan alasan bahwa penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional anak didik kelompok B2 di TK Aisyiyah IV Semanggi Surakarta pada Siklus I, Siklus II, Siklus III adalah 58,33%, 70,83%, dan 79,16%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode cerita dengan teknik penyajian cerita tanpa alat peraga dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak didik, efektif untuk memotivasi anak didik, menambah wawasan guru dalam memilih strategi yang tepat, dan melatih keterampilan guru dalam mengelola kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, metode cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2011 08:20
Last Modified: 18 Jan 2011 08:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9834

Actions (login required)

View Item View Item