IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)

HERLINA , YURA (2010) IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF
A410060071.pdf

Download (152kB)
[img] PDF
A410060071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 38 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas XI IPA 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Ada peningkatan motivasi belajar melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga. Hal ini dilihat dari aspek a). Rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran melalui bertanya dari sebelum tindakan 5,26% meningkat menjadi 31,57% pada akhir tindakan; b). Rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran dengan mengemukakan ide atau pendapat dari sebelum tindakan 2,63% meningkat menjadi 15,79% pada akhir tindakan; c). Mengerjakan soal latihan di depan kelas atas dasar kemauan sendiri dari sebelum tindakan 7,89% meningkat menjadi 21,05% setelah tindakan; d) Kemauan mengerjakan soal latihan mandiri dari sebelum tindakan 21,05% meningkat menjadi 68,42% setelah tindakan. Peningkatan motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa, pada penelitian ini prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang mendapatkan nilai ≥ 60 dari sebelum tindakan 47,37% meningkat menjadi 84,21% setelah tindakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lightening The Learning Climate, alat peraga, dan motivasi belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2011 08:36
Last Modified: 08 Jun 2012 11:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9805

Actions (login required)

View Item View Item