ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA OBYEK WISATA KEDUNGOMBO KABUPATEN GROBOGAN

HERIYANTO, HERIYANTO (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA OBYEK WISATA KEDUNGOMBO KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050381.pdf

Download (97kB)
[img] PDF
B100050381.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisi pengaruh dari faktor pelayanan, faktor sarana dan prasarana, faktor obyek dan daya tarik wisata alam, faktor keamanan, serta faktor promosi terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata Kedungombo Kabupaten Grobogan. Dalam penelitian ini digunakan lima macam variabel independen yaitu: faktor pelayanan, faktor sarana dan prasarana, faktor obyek dan daya tarik wisata alam, faktor keamanan, serta faktor promosi. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas, maka untuk mengidentifikasi masalah, penelitian ini mengambil tempat di Objek Wisata Kedungombo Kabupaten Grobogan sebagai obyek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Kedungombo Kabupaten Grobogan. Sebanyak 100 orang diambil sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling berjenis proposive sampling. Kriteria sampel disini adalah wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Kedungombo Kabupaten Grobogan minimal tiga kali. Cara pengumpulan data dengan menggunakan data primer yaitu hasil penyebaran kuesioner yang diisi oleh responden dan data sekunder yang mendukung penelitian. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi berganda (SPSS 12.0). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa atribut pertanyaan yang berjumlah 24 untuk kuesioner variable independen ataupun dependen semuanya valid, begitu juga dengan hasil uji reliabilitas semuanya reliabel. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa lima variabel independen (faktor pelayanan, faktor sarana dan prasarana, faktor obyek dan daya tarik wisata alam, faktor keamanan, serta faktor promosi) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (keputusan berkunjung). Kondisi ini dapat ditunjukan dengan nilai uji t maupun uji R2 yang semuanya bernilai signifikan dan positif.  

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelayanan, sarana dan prasarana, obyek dan daya tarik wisata alam, keamanan, promosi dan keputusan berkunjung.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Jan 2011 10:12
Last Modified: 11 Jan 2011 10:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9794

Actions (login required)

View Item View Item