PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

DEWI , RIANA RAHMAWATI (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060007.pdf

Download (52kB)
[img] PDF
A420060007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)

Abstract

Metode ceramah sering kali digunakan dalam menyampaikan materi pada pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan menimbulkan kejenuhan dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Model pembelajaran yang digunakan NHT (Numbered Heads Together). Pembelajaran model NHT dapat dikembangkan untuk memahami materi pembelajaran Biologi siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrument dalam bentuk pretest dan postes untuk melihat kemampuan ranah kognitif dan ranah afektif menggunakan observasi langsung di lapangan. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III yang dilengkapi dengan regresi linear. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Rerata hasil belajar siswa sebesar 7,6 (dari skala 10), rata-rata belajar afektif 28,2 (berhasil, dari skala 40). Berdasarkan penelitian dapat mengembangkan aktifitas dan ketrampilan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran NHT dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2011 09:39
Last Modified: 09 Jun 2012 06:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9782

Actions (login required)

View Item View Item