MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010

Hidayati , Rina Yuni (2010) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070548.pdf

Download (32kB)
[img] PDF
A510070548.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo Tahun 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan peningkatan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 19 siswa masih terdapat 12 siswa belum tuntas atau 63 %, sedangkan siklus I yang belum tunats menurun tinggal 6 siswa atau 32%, siklus II terdapat 3 siswa atau 16 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa melalui sortir kartu bilangan pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Pecahan Desimal Sortir Kartu Bilangan Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2011 09:28
Last Modified: 11 Jan 2011 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9778

Actions (login required)

View Item View Item