PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010

IRAWANTI , ANI (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060230.pdf

Download (105kB)
[img] PDF
A310060230.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa dengan media audio visual, (2) meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media audio visual. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) apaka penggunaan media audio visual mampu meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X-2 SMA PGRI 1 Karangmalang Sragen?, (2) apakah penggunaan media audio visual mampu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen? Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X2 SMA PGRI I Karangmalang Sragen yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, jurnal dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik komparatif yakni membandingkan hasil antar siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan dan motivasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan dan motivasi siswa pada pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media audio visual. Hal ini dapat dilihat dari (1) siswa dapat menulis cerpen dengan baik sesuai dengan kriteria penulisan cerpen yang telah ditetapkan yaitu; aspek penggunaan alur, tokoh,pendeskripsian latar, gaya bahasa, sudut pandang dan kesesuaian tema dengan cerita, sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 53 dengan kategori kurang. Selanjutnya nilai rata-rata kelas pada siklus I meningkat menjadi rata-rata 73, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan menjadi 78 dengan kategori baik, jadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari prasiklus sampai siklus II adalah 25%, (2) motivasi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen juga mengalami peningkatan. Motivasi siswa meliputi keaktifan bertanya dan mengerjakan tugas dengan baik. Sebelum dilakukan tindakan hanya 7 siswa yang aktif bertanya (17,5%), pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa (30%), dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa (49,04%), sedangkan keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas dengan baik saat pembelajaran berlangsung sebelum tindakan hanya 6 siswa (14,2%) yang aktif mengerjakan tugas yang diberikan guru, pada siklus I meningkat menjadi 39 siswa (92,8%), dan pada siklus II meningkat menjadi 42 siswa (100%), jadi keaktifan bertanya sebelum tindakan sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,99% dan keaktifan mengerjakan tugas dengan baik dari prasiklus sampai siklus 2 meningkat sebesar 85,08% . Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis cerpen dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen dan meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan menulis cerpen, motivasi, media audio visual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2011 08:51
Last Modified: 09 Jun 2012 05:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9758

Actions (login required)

View Item View Item