EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI APTITUDE TREATMENT INTERACTION DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA 2009/2010

WIYANTO, YULI TRI (2010) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI APTITUDE TREATMENT INTERACTION DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100080219.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
Q100080219.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Crossword Puzzel terhadap prestasi belajar matematika (2) Pengaruh Kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika (3) Pengaruh Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran, kemampuan awal dan motivasi belajar matematika terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mojolaban tahun ajaran 2008 / 2009 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel digunakan diambil dengan cara cluster sampling dengan cara undian dan hasil dari teknik ini adalah kelas VII C sebagai kelas kontrol, VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan frekuensi tak sama yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada α = 5% menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai sig. 0,039 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan nilai sig. 0,040 < 0,05 (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai sig. 0,000 < 0,01 (4) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran, kemampuan awal siswa dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan nilai sig. 0,326 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi, aptitude treatment interaction, prestasi belajar, motivasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Jan 2011 08:55
Last Modified: 07 Jan 2011 08:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9701

Actions (login required)

View Item View Item