LUSIANA, DEWI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X.3 SMA MUHAMMADIYAH 4 ANDONG KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310060104.PDF Download (65kB) |
|
PDF
A310060104.PDF Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan eksposisi dengan metode pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Subjek penerima tindakan adalah kelas X.3 SMA Muhammadiyah 4 Andong Boyolali yang berjumlah 30 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti untuk menganalisis setiap siklus untuk mengetahui hasil dari pekerjaan siswa setelah diketahui hasilnya dikelompokkan jumlah siswa yang berhasil dibagi dengan jumlah siswa keseluruhan dan dikalikan seratus, sedangkan subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data adalah guru kelas dan kepala sekolah, data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan. Analisis data secara deskriposi kualitatif dilakukan dengan metode alur yang terdiri reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis karangan eksposisi dalam membuat karangan eksposisi dari 59.45% pada siklus pertama menjadi 81.08% pada siklus ketiga. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan menulis karangan eksposisi, metode pembeljaran Kooperatif Tipe STAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2011 08:47 |
Last Modified: | 09 Jun 2012 04:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9700 |
Actions (login required)
View Item |