PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010

ANGGRAENI , YUNICA (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060075.PDF

Download (69kB)
[img] PDF
A310060075.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)

Abstract

Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan sebagai sarana komunikasi tulis. Menulis harus dilakukan secara efektif dan efisien mengingat menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif. Peningkatan keterampilan menulis perlu dilakukan dengan pendekatan yang tepat guna dan berdaya guna. Dalam hal ini, guru sebagai fasilitator berperan penting memilih teknik pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran keterampilan menulis. Teknik yang tepat dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi adalah menggunakan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual. Permasalahan yang timbul pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi dan perubahan perilaku siswa melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Ulujami. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Ulujami setelah mendapatkan pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Ulujami tahun 2009/2010 sebanyak 36 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan nontes. Tes berupa menulis pengalaman pribadi, sedangkan nontes berupa observasi, jurnal, dan wawancara. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual. Pada pratindakan diperoleh nilai rata-rata kelas 62,91, siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 57,5, dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 73,63. Nilai rata-rata aspek pengembangan gagasan pada siklus I adalah 59,44 dan pada siklus II meningkat 67,77. Aspek kesesuaian dan kejelasan isi cerita nilai rata-rata mencapai 58,61 dan pada siklus II meningkat 73,05. Nilai rata-rata aspek kelengkapan unsur cerita pada siklus I 79,44 dan pada siklus II 80,46. Pada aspek kebahasaan nilai rata-rata siklus I 61,11 dan pada siklus II 79,02. Aspek kerapian karangan nilai rata-rata pada siklus I 75,55 dan pada siklus II 77,5. Perubahan perilaku siswa kelas VI1 C SMP Negeri 1 Ulujami mengalami peningkatan lebih baik setelah mendapatkan pembelajaran keterampilan menulis pengalaman pribadi melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, menulis, pengalaman pribadi, modeling, kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2011 08:35
Last Modified: 09 Jun 2012 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9694

Actions (login required)

View Item View Item