PARTINI , PARTINI (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 2 SIDOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310060054.PDF Download (280kB) |
|
PDF
A310060054.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dewi Ritasari, A. 310 060 007, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2010. Penelitian ini mengangkat masalah yaitu (1) apakah pembelajaran active Learning dengan menggunakan strategi Imagine dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V11 SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen Tahun Ajaran 2009 / 2010, (2) bagaimana keaktifan peserta didik dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui pembelajaran active learning dengan strategi imagine pada siswa kelas V11 SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen Tahun Ajaran 2009 / 2010. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui bahwa pembelajaran active learning dengan menggunakan strategi imagine dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V11 SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen Tahun ajaran 2009 / 2010 (2) memperoleh informasi tentang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui pembelajaran active learning dengan menggunkan strategi imagine pada siswa kelas V11 SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen Tahun ajaran 2009 / 2010. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas V11 SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (I) Pembelajaran dengan strategi imagine dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan nilai rata-rata awal siswa pada hasil pretes diperoleh 63,62. Siklus I nilai rata-rata kelas diperoleh 69.59. pada siklus II nilai rata-rata kelas VII dalam menulis karangan deskripsi dengan strategi imagine bisa meningkat menjadi 74.97. (2) terdapat peningkatan keaktifan dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan dari peneliti. Terlihat dari hasil pada pretes mencapai 45,94% atau 17 dari 37 siswa aktif bertanya dan menjawab pertanyaan. Sedangkan pada siklus I siswa yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari peneliti meningkat menjadi 70,27% atau 26 dari 37 siswa. Kemudian pada siklus II siswa yang aktif mencapai 86,48% atau 32 dari 37 siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Khayalan Visual, Peningkatan, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi, Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2011 08:22 |
Last Modified: | 13 Jun 2012 06:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9688 |
Actions (login required)
View Item |