Agustine Rismadani, Dhea (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Sistem Operasi Komputer Untuk Siswa SMK Kelas X Berbasis Hots. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (710kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi di era digital sudah sangat pesat dari hari ke hari. Pemanfaatan teknologi perlu diaplikasikan dalam bidang pendidikan sebagai inovasi penyampaian materi kepada siswa. Inovasi pembelajaran diaplikasikan pada mata pelajaran yang memungkinkan untuk digunakan nya teknologi ini, salah satu nya untuk siswa TKJ. Selain dengan inovasi teknologi juga dapat digabungkan dengan pola berpikir HOTS untuk mengajarkan siswa dalam berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk pengenalan sistem operasi komputer dengan aplikasi construct 2 dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis HOTS untuk pengenalan sistem operasi komputer bagi siswa kelas X SMK Karya Nugraha Boyolali. Metode yang digunakan yaitu penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Karya Nugraha Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, pengisian instrumen penilaian untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Media pembelajaran ini telah diuji cobakan untuk mendapat respon dari user, yaitu kepada 2 dosen Pendidikan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mengetahui keefektifan media dan menunjukkan bahwa 24 item memiliki nilai V 0,87 dengan lower limit 0,67 sampai upper limit 0,93 atau nilai V mencapai 0,83 dan dinyatakan valid sesuai tabel aiken V, uji coba materi pada media ini dilakukan oleh 2 guru SMK Karya Nugraha Boyolali dan mendapat hasil 17 item memiliki V 0.89 dengan lower limit 0,69 sampai upper limit 0,96 atau nilai V mencapai 0,88 dan dapat dikatakan valid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Interaktif, dan HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | DHEA AGUSTINE RISMADANI |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 02:11 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 02:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/96754 |
Actions (login required)
View Item |