Ashadi, Ashadi (2010) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs SHABILUL HUDA KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100080124.pdf Download (93kB) |
|
PDF
Q100080124.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik kurikulum yang digunakan di MTs Shabilul Huda Guntur Demak, (2) Karakteristik interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran di MTs Shabilul Huda Guntur Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Shabilul Huda Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Nara sumber dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa MTs Shabilul Huda. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data tertata dalam situs. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan pemeriksaan dan memanfaatkan penggunaan derajat kepercayaan (credibiity); keteralihan (transferability); ketergantungan (dependability); dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) MTs Shabilul Huda Guntur Demak telah menyusun dan mengembangkan KTSP yang sesuai dengan kebutuhan dan bercirikan agama Islam. Guru dalam melaksanakan pembelajaran berpedoman pada KTSP yang telah disusun dan dikembangkan bersama. Dalam pembelajaran, jam pelajaran agama porsinya lebih banyak dibandingkan dengan sekolah menengah pertama lainnya. Materi agama mendapat alokasi 10 jam pelajaran dalam satu minggu, (2) Penggunaan metode dalam pembelajaran masih didominasi dengan metode ceramah karena kurangnya sarana dalam pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Sasaran evaluasi meliputi tujuan pembelajaran, unsur dinamis pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan strategi pembelajaran untuk mencapai usaha meningkatkan prestasi pembelajaran. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran di MTs Shabilul Huda adalah keberadaan sarana pembelajaran yang masih kurang dan tenaga pendidik masih banyak yang mengajar atau mengampu mata pelajaran tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelaksanaan pembelajaran, MTs |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Jan 2011 10:16 |
Last Modified: | 06 Jan 2011 10:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9666 |
Actions (login required)
View Item |