SETYONO , DANANG YULY (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SONOKULON 1 TODANAN BLORA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310050015.pdf Download (35kB) |
|
PDF
A310050015.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berseri pada siswa kelas IV, dan mengetahui faktor-faktor penghambat dalam peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berseri. Teknik analisis data penelitian yang dipakai adalah model siklus. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) evaluasi (evaluating) dan (5) refleksi (reflekting). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas IV SD Sonokulon 1 Todanan Blora, (2) pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar berseri dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, (3) pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri mampu menciptakan suasana yang baru dan menarik, sehingga siswa menjadi lebih imajinatif dalam mengembangkan keterampilan menulis karangan argumentasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | argumentasi dan gambar berseri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 06 Jan 2011 08:27 |
Last Modified: | 06 Jan 2011 08:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9647 |
Actions (login required)
View Item |