SRIYATI, SRIYATI (2010) INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN (Studi Situs SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100080037.pdf Download (94kB) |
|
PDF
Q100080037.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora, (2) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah adalah metode kualitatif. Dalam penelitian kualitatif memandang obyek sebagai sesuatu yang dinamis, hasil kontruksi pemikiran dan interprestasi terhadap gejala yang dinamis, serta utuh (holistic) karena setiap aspek dari obyek itu mempunyai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Subyek (nara sumber) penelitian adalah guru matematika kelas IX, siswa kelas IX dan Kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SMP 2 Randublatung sejak bulan Februari 2010 sampai dengan Mei 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN terjad i didalam kelas dan diluar kelas. Pada saat proses pembelajaran matematika didalam kelas maka terjadilah interaksi antara guru dan siswa yang sangat baik , akrap penuh kekeluargaan. Hal ini terlihat siswa selalu mengerjakan soal dibuku tulis dan siswa berani mengerjakan soal dipapan tulis. Interaksi antara siswa dan guru dapat terjadi diluar kelas ketika siswa masih mengalami kesulitan belajar didalam kelas Hal ini terlihat guru memberikan penjelasan kes iswa dikantor guru pada siswa yang belum paham konsep maupun soal yang berkaitan dengan konsep maka tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, (2) interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN sangat baik , akrab, kekeluargaan , tidak ada permusuhan diantara siswa, sehingga diantara siswa mampu menyelesaikan kesulitan belajar baik mengenai konsep yang baru dikenalnya, maupun mengenai soal prediksi UN 2010. Hal ini dapat dilihat pada saat siswa didalam kelas berdiskusi dengan ba ik saling menghormati sedang diluar kelas siswa membentuk kelompok belajar dengan teman sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Jan 2011 04:58 |
Last Modified: | 06 Jan 2011 06:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9634 |
Actions (login required)
View Item |