PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KELOMPOK BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B UPTD SKB BINA MANDIRI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO

Sukino, Sukino (2010) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KELOMPOK BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B UPTD SKB BINA MANDIRI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100070637.pdf

Download (165kB)
[img] PDF
Q100070637.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi guru sebagai pekerja profesional harus berkemampuan yang meliputi : mengelola pembelajaran, mulai dari merencanakan, mengorganisir kelas, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. kelompok belajar Paket B Bina Mandiri UPTD SKB Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo memiliki ciri khas, antara lain : perencanaan dalam kegiatan yang berbeda dengan pendidikan sekolah pada umumnya, pelaksanaan kegiatannya yang tidak penuh waktu. Fokus penelitian adalah : Bagaimana ciri-ciri pengelolaan pembelajaran Kelompok Belajar Pendidikan Program Kesetaraan B Bina Mandiri UPTD SKB Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo? Sedangkan sub fokus penelitian adalah : 1) Bagaimana ciri-ciri perencanaan pembelajaran di SKB Bina Mandiri?; 2) Bagaimana ciri-ciri pengorganisasian di SKB Bina Mandiri?; 3) Bagaimana ciri-ciri pelaksanaan pembelajaran di SKB Bina Mandiri?; 4) Bagaimana ciri-ciri evaluasi pembelajaran di SKB Bina Mandiri? Subjek penelitian adalah kepala UPTD SKB Bina Mandiri, dan guru pamong. Pendekatan penelitian menggunakan etnografi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Perencanaan pembelajaran di UPTD SKB Bina Mandiri, yaitu guru pamong menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator yang telah ditetapkan oleh pemerintah.; 2) Pengorganisasian di UPTD SKB Bina Mandiri, yaitu secara organisasi, kepala SKB bertanggung jawab sebagai educator, manager, evaluator, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Sedangkan guru pamong memiliki tugas pokok dan fungsi serta tanggung jawab merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran; 3) Pelaksanaan pembelajaran di UPTD SKB Bina Mandiri, yaitu kinerja guru berupa kegiatan tatap muka, tutorial, eksplorasi, elaborasi, dan tugas mandiri bagi siswa sesuai dengan bahan ajar yang telah ditetapkan dalam perencanaan pembelajaran (RPP); 4) Evaluasi Pembelajaran di UPTD SKB Bina Mandiri Sukoharjo, yaitu kinerja guru melaksanakan ulangan harian, semesteran, dan kenaikan kelas sesuai alokasi waktu yang telah ditetapkan pemerintah dalam kalender pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pembelajaran, Program Kesetaraan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jan 2011 05:30
Last Modified: 05 Jan 2011 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9604

Actions (login required)

View Item View Item