SRIYADI, SRIYADI (2010) KEPEMIMPINAN MADRASAH ALIYAH BERMUTU (Studi Situs Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100070555.pdf Download (484kB) |
|
PDF
Q100070555.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima dalam meningkatkan mutu input, 2) mengetahui kiat kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Kariama dalam meningkatkan mutu proses, 3) untuk mengetahui kiat kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy karima dalam meningkatkan mutu output. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang didapat dari penelitian etnografi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, staf tata usaha, dan murid diambil dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang valid dan reliabel sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap. Analisis data menggunakan analisis situs. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Ditinjau dari kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan dalam meningkatkan mutu proses layak untuk mencapai mutu keluaran yang baik. Sesuai dengan hasil penelitian di atas bahwa koponen yang mencakup kepemimpinan rekrutmen (siswa, guru, staf), kondisi siswa, kurikulum, pengelolaan sekolah, iklim yang kondusif, sarana prasarana, serta hubungan kerjasama dengan masyarakat telah dilakukan dengan baik, sehingga cukup untuk mendukung pencapaian mutu output. (2) Kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima dalam meningkatkan mutu proses ditujukan dalam upaya peningkatan pelaksanaan proses belajar mengajar, pengelolaan sekolah dan administrasi ketatausahaan. Dalam hal ini kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an sebagai innovator telah menerapkan strategi pemberdayaan tenaga kependidikan serta menumbuhkan semangat kebersamaan untuk kepentingan sekolah. Dengan demikian upaya peningkatan mutu proses di atas dapat mempercepat pencapaian mutu output. (3) Kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an dalam meningkatkan mutu output dilakukan dengan cara meningkatkan pembinaan prestasi akademis, non akademis, dan peningkatan mutu lulusan. Berdasarkan hasil penelitian di muka bahwa kepala sekolah telah bertindak sebagai fasilitator dan motivator , sehingga anak dapat layak untuk mencapai mutu output dengan baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan kepala sekolah, sekolah bermutu. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Jan 2011 04:50 |
Last Modified: | 14 Jun 2011 03:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9601 |
Actions (login required)
View Item |