MULTI LEVEL MARKETING PADA PERUSAHAAN TIANSHI SOLO DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

Racmawati, Puspitasari (2008) MULTI LEVEL MARKETING PADA PERUSAHAAN TIANSHI SOLO DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
I000030022.pdf

Download (110kB)
[img] PDF
I000030022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)

Abstract

Multi Level Marketing adalah metode pemasaran barang dan jasa dari sistem penjualan langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan di dalam kelompoknya. Multi Level Marketing banyak bermunculan dimana-mana dan banyak diminati banyak orang yaitu mulai dari remaja, para ibu maupun para bapak yang ingin mencapai hidup dunia yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terbadap MLM pada Perusahaan Tianshi Solo. Manfaat dari penelitian ini adalah Dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan pengetahuan tentang Multi Level Marketing, memberikan masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan, khususnya bagi masyarakat yang tertarik dengan Multi Level Marketing sebagai bahan pertimbangan dalam menjalankan usahanya, dan memberikan wawasan baru tentang adanya Multi Level Marketing Syariah. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Evaluatif yaitu laporan penelitian berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data tersebut mungkin berasal dari naskah, wawancara, catatan lapangan, foto, videotape, dokumen pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainnya. Metode pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Serta menganalisis data dengan menggunakan metode analisis kualitatif dengan pola pikir deduktif yaitu suatu cara untuk menganalisis data yang telah ada dan menyimpulkannya dengan mencari hal-hal yang bersifat umum, ditarik menuju hal-hal yang bersifat khusus. Dengan memperhatikan latar belakang masalah maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah MLM Perusahaan Tianshi telah sesuai dengan Hukum Islam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa MLM pada P.T. Tianshi Solo bila ditinjau dari hukum Islam adalah 1) Marketing plan MLM di PT. Tianshi Solo telah sesuai dengan syarat-syarat sah marketing dari tinjauan hukum islam. 2) Produk MLM P.T. Tianshi Solo bila ditinjau dari hukum islam maka telah memenuhi kriteria kehalalan produk. 3) Cara mendapatkan keuntungan pada MLM di P.T. Tianshi Solo telah memenuhi kriteria yaitu tidak adanya unsur- unsur yang dilarang seperti riba, ghoror, penipuan dan lain-lain seperti dalam kajian hukum Islam. Jadi MLM di P.T. Tianshi Solo telah sesuai dengan syari'at Islam (hukum Islam).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multi Level Marketing, tinjauan hukum Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Feb 2009 02:43
Last Modified: 04 Jan 2012 04:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item