PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN

SUGIMAN, SUGIMAN (2010) PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100070477.pdf

Download (323kB)
[img] PDF
Q100070477.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: 1) memperoleh gambaran nyata tentang ciri-ciri media pembelajaran di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen. 2) untuk memperoleh diskripsi yang jelas tentang ciri-ciri lay out ruang kelas dengan media pembelajaran di laksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen. 3) untuk mendapatkan diskripsi secara rinci tentang ciri-ciri aktivitas belajar siswa dengan media pembelajaran dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen, Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk observasi, dokumentasi; wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: 1. Ciri-ciri Media Pembelajaran yang Dimiliki oleh SMP Negeri 1 Karangamalang a. Jenis media pembelajaran yang ada di SMP dapat digolongan menjadi 3 kelompok yakni media elektronika, media bukan elektronika serta media hasil karya guru SMP Media Pembelajaran berasal dari 3 asal yakni 1. dari Bantuan pemerintah baik pusat dan daerah melalui alokasi dana DAK, 2. dari pembelian dengan menggunakan uang BOS, 3. pembelian media pembelajaran dari Dana SSN serta 4. Pembelian dari bantuan orang tua siswa melalui Komite Sekolah. b. Laboratorium yang dimiliki oleh SMP Negeri 1 Karangmalang adalah Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium IPA, serta ruang multi media yang didalamnya ada fasilitas yang lengkap dari LCD, VCD, TV dan CD-CD pembelajaran interaktif yang lengkap. 2.Ciri-ciri lay out ruang kelas dengan media pembelajaran di laksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen adalah Lay out ruang kelas untuk proses pembelajaran dengan media pembelajaran dirancang sesuai dengan pedoman baku pembuatan ruang untuk pembelajaran dengan media pembelajaran yang telah diatur dari Dinas Pendidikan. Untuk menjaga keamanan dari laboratorium tempat media pembelajaran disimpan dipasang pengamanan . 3. Ciri-ciri aktivitas belajar siswa dengan media pembelajaran dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen adalah Aktivitas belajar anak jadi lebih baik dalam tingkat perhatian terhadap materi yang disampaikan oleh guru, serta motivasi belajar lebih baik, antusias anak untuk belajar, membuat anak tidak mengantuk, pelajaran mudah dipahami oleh anak. Penggunaan media pembelajaran anak akan mendapatkan pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran sehingga bukan hanya teori saja. Proses pembelajaran bisa menarik anak menjadi senang sangat memperhatikan dan saat pelajaran yang dilaksanakan di jam pelajaran terakhir

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, media pembelajaran, sekolah menengah pertama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:23
Last Modified: 05 Jan 2011 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9599

Actions (login required)

View Item View Item