DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI

ANWAR, CHOIRIL (2010) DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100050088.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
Q100050088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya dukungan yang signifikan variabel latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing di MTs Negeri Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru bimbingan dan konseling di MTs Kabupaben Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi, dan kinerja guru pembimbing. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data latar belakang pendidikan guru bimbingan dan konseling di MTs Negeri Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada dukungan yang signifikan latar belakang pendidikan dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,417 > rt = 0,227) sumbangan efektif 13,41%. 2) Ada dukungan yang signifikan partisipasi dalam organisasi dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,272 > rt = 0,227) sumbangan efektif 2,50%. 3) Ada dukungan yang signifikan pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,441 > rt = 0,227) sumbangan efektif 16,48%., maka ada hubungan yang signifikan sumbangan efektif 44,89%. Ada sumbangan relative: (X1 = 29,87%) + (X2 = 5,57%) + (X3 = 36,71%) = 100%. Implikasi dari hasil peneitian menunjukkan adanya dukungan positif latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi, dengan kinerja guru pembimbing, maka dapat memberikan gambaran pada pihak yang terkait untuk mau dan mampu serta memperhatikan ketiga faktor tersebut, agar kinerja guru pembimbing di MTs Kabupaten Boyolali meningkat dan lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, partisipasi, organisasi, kode etik profesi, kinerja guru, bimbingan dan konseling.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jan 2011 03:48
Last Modified: 05 Jan 2011 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9595

Actions (login required)

View Item View Item