Widiharto, Widiharto (2010) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Teknik Bercerita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Adipala Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2008-2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
S200070130.pdf Download (690kB) |
|
PDF
S200070130.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Adipala Kabupaten Cilacap melalui penerapan teknik bercerita, dan (2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas kelas VII SMP Negerei 2 Adipala Kabupaten Cilacap melalui penerapan teknik bercerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. .PTK dilaksanakan dalam 3 siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan (planing),tindakan(acting),pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VII sejumlah 40 siswa, laki-laki 16 siswa perempuan 24 siswa dan guru kelas kelas VII SMP Negerei 2 Adipala Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, wawancara, kajian dokumen, angket, dan tes. Teknik yang digunakan untuk memeriksa validitas data antara lain adalah triangulasi dan review informan kunci Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran keterampilan berbicara dengan teknik bercerita dapat meningkatkan keaktivan siswa. Rerata hasil pengamatan atau observasi terhadap keaktivan siswa pada kegiatan awal sebesar 58,40%, pada siklus I 63,44 %, pada siklus II 72,14%, dan pada siklus III 78,50 %. Hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa meningkat 2,68% dari rerata nilai 63,74 pada kondisi awal menjadi 66,42 pada siklus I. Begitu pula ketuntasan klasikal meningkat 9,68%, dari 52,61% pada kondisi awal menjadi 61,29%. Pada Siklus II Hasil tes keterampilan berbicara reratanya adalah 69,87. Ketuntasan secara klasikal 70,99 % Sementara itu hasil pembelajaran meningkat 3,26 dari nilai rerata 69,87 pada siklus II menjadi 73,13 pada siklus III. Begitu pula ketuntasan klasikal meningkat 6,45%, dari 70,97% pada siklus II menjadi 77,42% pada siklus III. Dengan demikian peningkatan pada siklus III sudah mencapai indikator yang kinerja, maka penelitian dihentikan dan dinyatakan berhasil.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berbicara, teknik bercerita, keaktifan Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Jan 2011 03:14 |
Last Modified: | 05 Jan 2011 06:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9593 |
Actions (login required)
View Item |